7 Februari 2012

Arti Nama

Yuni Cahya Sidratulmuntaha Daties

ya, itu nama asli dan lengkap saya, sesuai dengan yang terpampang di akta kelahiran. terdiri dari 4 kata dan 30 huruf, nama saya menjadi yang paling panjang di antara kakak beradik. mari bersama kita telaah maknanya #cieeh...

Yuni
kenapa? jelas, ini karena saya lahir di bulan Juni. nama kakak dan adik saya juga begitu, disesuaikan dengan bulan kelahiran mereka. Febby di Februari, Novan di November dan Meizwar di bulan Mei. sempat terpikir, kenapa nama saya bukan Juni saja ya, kelihatannya lebih unik. tapi sudahlah, saya masih belum bisa bicara pada saat nama ini diberikan XD

Cahya
kalau soal ini, ada kesamaan antara nama saya dan kakak perempuan saya. saya memiliki "cahya", dia memiliki "nur". artinya sama, cahaya. maka saya berprasangka baik kepada orang tua yang menginginkan kami menjadi 'cahaya' bagi mereka #aamiin yaa Allah

Sidratulmuntaha
banyak ekspresi dan komentar yang bermunculan jika saya menyebutkan bagian nama yang satu ini. wajar, nama ini sangat tidak lazim. dan saya merasa beruntung dengan ketidaklaziman tersebut yang membuat saya akhirnya gampang diingat. maka terima kasih kepada Papi (kakek saya), atas nama indah ini. bagi yang tidak mengetahui arti dari "Sidratulmuntaha", silahkan buka Al-Quran terjemahan kalian pada surat An-Najm (53) ayat 14. jika beruntung, kalian akan mendapatkan penjelasan mengenai hal ini.

Daties
nama ini juga bernasib sama, amat sangat tidak lazim. well, "Daties" adalah nama keluarga (fam) yang saya dapatkan turun-temurun dari papa saya. begitu memang, fam hanya diwarisi oleh garis keturunan laki-laki. sampai sejauh ini, nama Daties hanya dimiliki oleh keluarga kami saja. hal ini disebabkan kakek saya, yang notabene mewariskan nama ini kepada kami, merupakan anak lelaki tunggal dari pasangan buyut saya.

***
sama panjangnya dengan nama saya, banyak pula cerita dibaliknya. sewaktu SD, saya yang belum paham dengan struktur nama saya sendiri, sering menuliskannya dengan "Yuni C.S.M.D". hal inilah yang kemudian menjadi bahan olokan teman-teman. mereka terlalu kreatif membuat kepanjangan dari singkatan itu, sehingga muncullah nama Yuni Cacing Sapi Muntahin Domba. well, akhirnya saya pernah dipanggil Cacing waktu kelas 3 SD. Setelah SMP, saya baru tahu kalau nama saya hanya terdiri dari 4 kata, bukan 5. "Sidratulmuntaha" itu digabung, bukan dipisah kawan!

hal lain yang pasti juga langsung terlintas di benak kalian waktu mendengar nama saya adalah kesamaan nama saya dengan salah seorang artis. siapa lagi kalau bukan Yuni Shara. aah untuk hal yang satu ini, sumpah orang tua saya bukanlah penggemar Yuni Shara! tak perlu lagi bertanya, saya sudah menjelaskan tentang hal ini sebelumnya.

ada beberapa nama yang juga sempat jadi panggilan -bahkan sampai sekarang-, antara lain:

  • Uni, panggilan kalau di rumah. biasanya saya menyebut diri sendiri dengan nama ini.
  • Yuniar, panggilan ini biasanya keluar dengan nada jengkel dari mulut mama, kalau saya dipanggil berkali-kali tapi tidak menyahut.
  • Daties, nama yang biasa dipanggil oleh teman SMA.
  • Ukhyun, beberapa teman kuliah menyingkat panggilan Ukhti Yuni dengan sebutan ini.
  • Cahya, sebagian Bloofers memanggil saya dengan nama ini.
  • Yun-chan, Yunca, Yuncasimuda, Hikari, Yuna, Yu dan lainnya hanyalah bentuk kreatifitas teman-teman dalam memanggil nama saya.

kalau kata Rasulullah "panggillah nama saudaramu dengan nama yang paling dia sukai", maka saya katakan bahwa saya menyukai nama-nama itu semua. jadi, silahkan pilih yang sesuai dengan lidah kalian. pengecualian untuk Cacing, saya tidak suka. jelas, Cacing bukanlah nama panggilan tapi nama hewan >.<

sejak aktif di jejaring sosial (fesbuk dan blog), memaksa saya mencari 'nama keren' untuk nama panjang saya itu. masih tetap panjang sebenarnya, tapi tidak terlalu lah. dan saya rasa, cukup mewakili juga. akhirnya, dipilihlah nama 'cahayalangitketujuh' dan disingkat CLk7 (singkatan ini saya dapat dari salah seorang senior - terima kasih kak!-). nama inilah yang kemudian jadi nama blog saya sekarang.

dan dalam waktu dekat, insya Allah akan ada tambahan 2 huruf di belakang nama panjang saya itu. huruf (S) dan (T), untuk Sarjana Teknik. setelah itu, ada rencana untuk menambahkan beberapa huruf lagi, lagi dan lagi di belakang maupun di depannya. doakan saja! ^o^/

24 komentar:

  1. wah namanya bgus dan unik yun..aamin smga penambhan huruf2 itu segera yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah..kak Tia pertamax nih :D
      sebenarnya in tunggakan PRku dr kak Andin, telat ngumpulnya.hehe ^^v

      makasih doanya kak, aamiin.. :)

      Hapus
  2. wah wah kirain sidratul muntaha itu nama tambahan doang diiin heheh ternyata seli buatan pap n mam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho..ternyata kak Liez jg termasuk golongan itu :D
      untung jg dikasih PR sm kak Andin soal beginian, sekalian klarifikasi
      #halaah.. :p

      Hapus
  3. selalau ada makna yang indah di balik nama, semoga seindah orangnya.....
    amin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..makasih om ridwan :)
      tp keknya kebalik deh..semoga orangnya yg seindah namanya :D

      Hapus
  4. Jadi klo panggil nm sy,yuni ngerasa panggil nama sendiri toh dek :p *sama dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh..iy kak, awalnya aneh gitu, tp lama2 kebiasaan >,<

      Hapus
  5. My Name is Khan, ups salah Aulia Rahman, yang artinya katanya Pemimpin Pemurah/Dermawan. Amiin hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho...trus kalo auraman??
      lelaki yang punya aura gitu?hahaha :D

      Hapus
  6. kren dong namanya,,,begitu indah,,,sesuai sangat dengan orang yg punya nama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah egha..bisa aj deh #blush
      jgn lupa kerja PRmu jg yo ^o^

      Hapus
  7. nama itu sarat makna..dan religius sekali
    aku suka dengan cahaya karena cahaya itu sebuah makna yg sangat dalam dan sentral dari sebuah kekuatan ..(bingung mendiskripsikan)
    Sidratul muntaha sebuah tempat dimana Rasulullah melihat Malaikat Jibril dlm bentuk yg asli dan menerima perintah salat lima waktu

    luar biasa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah..luarbiasa sekali kak Budi ini
      sangat sepakat dgn makna cahaya itu ^^d

      Hapus
  8. nama terpanjang di buku absen :D,
    semoga selalu terpendar seperti namanya,
    memberi inspirasi dunia nyata dan maya.

    kalo saya... sedang bersembunyi (d'Anonim) ^_^

    BalasHapus
  9. ternyata nama Yuni yang sebenarnya adalah Yuniar :D

    yun, bannar bloof kayak gt dapet dimna?
    mau juga dong...

    BalasHapus
  10. my name is Irma, i'm not terrorist :D
    waaah nama yang indah Yuni, begitu pun dengan maknanya :)

    BalasHapus
  11. aan: ngumpet mulu dibalik nama, hayo keluar! :p
    k'andin: haha, panggilan it cm buat org rmh kak :D
    inuy: haaaiik ^^v
    irma: korban pilem deh, haha...makasih y ;)

    BalasHapus
  12. Nama yang unik dan panjang..
    semoga terkandung nilai doa dari orang tua yang juga sepanjang hayat.. :)

    Makasih mba sudah berkunjung ke blogku..
    btw itu namanya muat di akte? hehe :D

    -Andhika Rakhmanda-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hha..gak muat sebenarnya, tapi dimuat-muatin XD

      thanks for visiting ;)

      Hapus
  13. Hm... Subhaanalloh kak, namanya bagus sekaali...
    Saya kalau punya anak nanti pengen namain begitu deh insyaa Alloh haha
    Panggil kak Cahya juga deh, semoga selalu bercahaya seperti namanya ^^

    oh iya kak, salam kenal..
    ~Awan Putih~
    *eh gak salah dong kak,
    kalau aku mau bersembunyi di balik nama ini? hehehe*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, terima kasih sudah follow kak,
      saya follow balik ^^

      Hapus
  14. Saya kadang iri dengan nama yang panjang dan penuh arti.. eh, tapi bukan sirik yah...
    Tapi tetap besyukur koq dengan nama saya. Meski akhirnya saya mendapat tambahan nama depan yang sangat indah yang saya gunakan sebagai nama Pena :D.

    Beruntung mengenal sahabat satu ini :)

    BalasHapus