21 Februari 2014

Sketching

Saya penikmat gambar. Dan belakangan ini saya mulai belajar menggambar. Saking niatnya, saya bahkan membeli buku khusus untuk melampiaskan hasrat terpendam ini. Dimulai dari sekadar sketsa iseng, sampai mengikut hasil gambar orang. Bukan bermaksud plagiat tentu saja, ini hanya sebagai proses belajar.

belajar dari gambar orang lain
Suatu ketika, saya pernah 'nyasar' di situsnya Indonesia's Sketchers dan dibuat kagum pada hasil karya mereka. Dulu sewaktu di Makassar, saya memang pernah mendengar nama komunitas ini. Namun belum berkesempatan untuk mengenal lebih dalam, saya harus pindah ke Ambon. Saya perhatikan objek sketsa mereka kebanyakan adalah jalanan, bangunan dan kehidupan masyarakat kota.

Saya pun mulai mencari tahu apakah ada komunitas serupa di kota ini, tapi ternyata nihil. Akhirnya saya nekat belajar sendiri. Lewat Youtube, saya melihat beberapa video cara membuat urban sketch. Dan kemarin adalah pertama kali saya mencobanya di salah satu landmark kota Ambon, yaitu Masjid raya Al-Fatah.
Masjid Raya Al-Fatah
Setelah sekitar dua jam duduk di parkiran depan, melakukan gerakan menunduk-mendongak, diperhatikan orang yang lalu-lalang, hingga kedatangan sebuah mobil yang seenaknya parkir di hadapan, akhirnya saya menyelesaikan sketsa perdana ini. Dan saya cukup puas atas hasilnya. Tadaa!

Masjid Raya Al-Fatah on sketch
Saya sadar masih banyak kekurangan pada hasil perdana ini. Dan itu berarti saya masih harus terus belajar. Mulai dari cara tarik garis, arsiran, dan sebagainya. Saya pun harus belajar untuk langsung sketsa pakai pen, bukan pensil lagi.  Juga belajar untuk colouring, supaya terlihat hidup. Yap, semoga bisa! :)

4 komentar:

  1. semangaaat :D salam kenal ya

    BalasHapus
  2. Kerennn kakak YunCah....
    Karya yang luar biasa indah untuk seorang pemula...
    Sudah bisa dikatakan Professional ^_^

    BalasHapus
  3. waaah...rapi banget! sebuah objek yg cukup rumit u pemula. salut dengan niat dan usaha kamu. ngga usah keluar jauh2 dulu, objek2 disekitar kita juga banyak banget yg seru untuk di sket langsung: misalnya: tas kamu (plus isinya), sepatu/sendal jepit sehari2, kondisi meja belajar/kerja, kondisi kamar, dapur, ruang tamu, macam2 gestur keluarga kita yg duduk nonton tv, dll....
    happy sketching ^^

    BalasHapus