22 Juli 2011

Dalam Diamku

hari ini, tepat satu minggu. ketika kau mengeluhkan kesedihan dan perasaanmu padaku. ketika pada kenyataannya aku pun bersedih, atas apa yang terjadi padamu, juga padaku. tapi ini, sudah satu minggu berlalu. kelabu yang menggantung di langit pikiranmu, masih adakah kawan? 

aku merindukan saat-saat kebersamaan kita. kala kita duduk satu meja, mendengar ceritamu atau sekedar bertemu pandang saja. dengan begitu, masing-masing diri kita sudah cukup lega, walau tak ada satu kata pun yang keluar lewat lisan kita. kau tahu, aku selalu mengerti bahasa tatapanmu.

saat suatu malam kau mengajakku ke pinggir pantai, lalu berkisah tentang hari yang kau lalui. seperti biasanya, aku lebih suka mendengar. sama seperti butiran pasir yang kita duduki, angin malam yang menemani, juga bintang yang menatap kita. dan kau tahu, walau gelap aku masih bisa melihat jelas gurat bahagia di wajahmu saat itu.

atau ketika kita berada di ketinggian dan alam ini terlalu mempesonamu, kau masih sempat berbagi tentang mimpi-mimpimu.  tentang warnanya masing-masing di matamu. dan sekali lagi, aku hanya duduk mendengarkan sambil melemparkan pandangan pada hamparan edelweiss di hadapan kita.

dan kini, setelah satu minggu sejak hari kelabumu, masihkah kau mengizinkanku mendengar lebih banyak ceritamu, kawanku?

maaf, jika aku terlalu sering mendengar saja.
dalam diamku, sungguh aku selalu mengaminkan doamu dan mengharap yang terbaik bagimu.

20 Juli 2011

Lantern Festival

kalian pernah nonton film 'Tangled'? pasti tahu kan adegan pas Rapunzel sama Flynn lagi diatas perahu di tengah danau, sementara orang-orang di istana lagi melepaskan ribuan lentera cantik ke atas langit dengan harapan si Putri Rapunzel kembali ke istana. hwaa, sumpah...that's the best scene EVER!! kereen banget >.<



pertamanya, gw kira acara 'lepas lentera' kayak gitu cuma ada di kartun doang. ternyata eh ternyata, di dunia nyata ini emang beneran ada lho. bahkan dijadiin festival! *terpukau*

ya, namanya Lantern Festival atau yang biasa disebut Festival Lentera. festival ini merupakan acara menerbangkan lentera ke atas langit dengan tujuan mengharapkan hal-hal baik yang akan terjadi dalam hidup. festival kayak gini digelar di berbagai negara, seperti Cina, Taiwan, Inggris, Thailand, bahkan Indonesia. cuma bentuk kegiatannya aja yang agak beda.

kalau di Cina atau Taiwan, festival ini digelar pada hari ke-15 bulan pertama dalam kalender Tiongkok. Menurut tradisi Tiongkok, perayaan Tahun Baru Tiongkok akan terus berlanjut sampai diadakannya Festival Lentera ini. Untuk tahu sejarahnya, bisa dilihat disini. Lain lagi di Inggris, festival ini biasanya digelar menjelang Natal.

  

tapi menurut gw, yang paling mirip dengan adegan di film Tangled itu ya yang di Thailand ini. liat deh, cantik banget kan ya?!




kalo diliat dari jauh, mirip jutaan kunang-kunang yang lagi terbang. hmm..suatu saat pengen punya kesempatan liat festival ini langsung sekaligus ngelepas lentera-lentera itu terbang ke langit tinggi.

19 Juli 2011

Gak semua yang lo denger itu bener

"jangki cemberut pagi2, nanti kurangki manista'."

chatroom #2
"seringta' begadang. kasi resep dulu buat kk."

chatroom #3
"kalau sendirian, nanti saya temaniki bicara."


nb: dibaca dengan dialek Makassar
***

ketiga kalimat itu keluar dari mulut orang yang berbeda. yah, mereka memang tidak bicara langsung, tapi itulah yang mereka tuliskan di chatscreen. dan saya rasa itu merupakan ungkapan dari apa yang sebenarnya ingin mereka katakan. mereka, para lelaki itu.

hmm...bukannya saya GR alias gede rasa karena dibilang manis, atau dianggap adik, atau juga ada orang yang berbaik hati akan menemani saya bicara dalam sebuah perjalanan yang masih kami rencanakan. sungguh, bukan karena maksud itu saya menulis postingan kali ini. tapi postingan ini memang untuk kita, perempuan.

oke, kalian mungkin pernah mendapati hal serupa atau bahkan lebih dari itu. tapi pada kenyataannya, begitulah memang lelaki, bermulut manis. (bagi pembaca yang merasa lelaki, jangan tersinggung ya. cukup akui saja kebenarannya :D). dan bodohnya, perempuan menyukainya! haha..malu saya 

pada suatu malam, dalam sebuah pembicaraan panjang lewat telepon, saya mendapat pengakuan langsung tentang hal ini dari adik lelaki saya sendiri. ya, malam itu topik kami adalah 'kehebatan lelaki dan kebodohan perempuan'. setelah bercerita dan berdebat panjang kali lebar sama dengan luas, ada beberapa fakta yang ditemukan bahwa:

1. lelaki itu akan melakukan apapun untuk bisa mendapatkan hati seorang atau beberapa orang perempuan sekaligus.
2. ketika lelaki berkata 'sayang' atau semacamnya, maka yakin saja kalau kata itu bukan hanya untukmu (perempuan).
3. perempuan akan merasa sangat diperhatikan hanya dengan pertanyaan-pertanyaan 'lagi ngapain?', 'udah makan?', 'met bobo yah', dan sebagainya.
4. dst...

intinya, lelaki akan merasa hebat ketika berhasil mengalihkan duniamu, menguasai pikiranmu, hingga merajai ingatanmu. dan satu hal yang harus diingat adalah:
" JANGAN PERNAH MEMPERCAYAI LELAKI SEBELUM DIA MENJADI SUAMIMU"

sebenarnya, kalimat diatas juga masih belum bisa dipercaya sih. nyatanya, masih ada dusta diantara para pasangan suami istri. kecuali kalau pasangan kita orang shaleh, insya Allah tidak ada alasan untuk tidak mempercayainya bukan ?! :)

dan sebelum menutup postingan kali ini, saya cuma mau bilang buat para perempuan yang gak mau dibodohi sama lelaki, "gak semua yang lo denger itu bener". jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari ketika akhirnya kamu sadar kalau kamu bodoh telah mempercayai omongan mereka.

15 Juli 2011

Writing is AMAZING!


Bayangkan kalau tradisi menulis nggak pernah ada,
kalau tradisi merekam peristiwa, gagasan dan perasaan nggak pernah ada,
apa kita bakal mengenal siapa nenek moyang kita?
Bayangkan kalau Anda tidak menulis,
tak berusaha merekam gagasan dan pikiran-pikiran Anda,
apa cucumu nanti akan mengenal siapa kamu?

Seandainya kakek saya, semasa hidupnya menulis sesuatu, mungkin sekarang saya mengenal siapa dia. Tetapi itu tak pernah terjadi. Tak selembar pun tulisan yang diwariskan kakek pada saya. Saya tak pernah tahu isi kepala kakek, selain bahwa dia adalah seorang lelaki tua leluhur saya. Maka jangan salahkan saya, jika saya lebih mengenal Karl Marx, Jostein Gaarder atau Pramoedya Ananta Toer, yang bukan siapa-siapa saya, daripada kakek saya sendiri.

"Dendam" itulah menjadi energi besar yang mendorong saya untuk terus menulis. Saya tak mau dilupakan sejarah. Saya mau jadi orang yang berkesadaran sejarah. Maka saya memutuskan untuk menulis. Agar kelak, jika cucu saya tak sempat tahu apa yang kakeknya pikirkan dan  bicarakan semasa hidupnya, ia bisa mengenal kakeknya lewat tulisan-tulisannya!


*taken from back cover of Writing is Amazing by Fahd Djibran

6 Juli 2011

Scrapbook #2

postingan kali ini, tentang scrapbook lagi. buat yang belum tau apa itu scrapbook, bisa baca postingan saya sebelumnya 'my scrapbook'. dibawah ini adalah beberapa scrapbook yang saya buat selama ini. rata-rata saya bikin tengah malam pas insomnia saya lagi kumat. hehe... aneh sih tapi seneng aja. setidaknya, saya menghasilkan 'sesuatu' kan ?! ^_^

ini semuanyaaaa.....

suka banget sama temanya, autumn! ^^

hijau-coklat, perpaduan yang sweet

japan style

susah bikin tulisan ひかり-nya

..minimize..

Purezento



here it is..my birthday present:

kerudung biru dari arez,
'writing is amazing'-nya Fahd Djibran itu dari kak sidratulmuntaha,
kalo 'ranah 3 warna'-nya A. Fuadi, itu dari nitemare,
 last but not least,
'Muhammad, Para Pengeja Hujan'-nya Tasaro, itu dari abang rizal.


--bunch thanks for you all--

5 Juli 2011

Soul Sister

Tlg marahi sy
Knp dirimu?

Sy nakal, tdk bisa dibilangin

Mmg si blkgan in tlihat spti it. Tw tdk, blkgan in dkat dgnmu aneh rasanya. Bkn yg biasa kukenali. Kdg sy miqr sndiri ap yg sbnrx tjadi smp sering terasa resah kl mengingatmu. Ato mgkn sy yg lg lemah, sy tdk tw. Tdk ad gunanya sy cr ksalahan drmu, bs jd sy lbh buruk dr yg tlihat.
Apapun yg tjadi, cm 1 yg tdk bs berubah. Aku tp syg kamu. Mgkn slh satu caraNya menegurku, lwt dirimu.
Entah krn sy pux salah pdmu ato krn ad sswt yg tjadi pdmu, sy srg khwtir kl ingt km..jdx susah fokus n sering mnerawang sndiri.

Apaku yg beda?

Scr spesifik, sy tdk tw jg ap yg beda. Mgkn cm rsx yg beda. Ato ap sy tdk tw pasti..apkh kw yg sdg longgar ato sy yg sdg turun? apkh kw yg lg senang menikmati sswt ato sy yg sdg tsibukkn dgn sswt yg tdk jls? ato kw sdg bahagia sedang sy tdk bahagia? tmbh bingung sy, 
bicarapun jd aneh..sbnrx ad ap dgnmu?

Mgkn bnr. Sy sdg longgar, sy lg senang menikmati sswt, sy dg bahagia. Tp mgkn kw nd tw rasax, ktika sy dg mrasa spti in, justru ad ‘org’ yg tdk mletakkn kprcayaan thd ap yg sy lakukn.

Ap longgarmu it slh? Ap bahagiamu it keliru? Ato yg kw nikmati it ambigu? Sy tdk bs tdk pcaya pdmu. Krn pd knyataanx, kwlah org kpercayaanq hingga saat ini. Klpun sy khawatir &  cemas thd sswt, it mgkn hanya efek rabithah qt.
D byk hal sy bljr byk padamu..ap it percaya? ap it bkorban? ap it bbagi? dan lainx..klpun skrg tnyata bahagiamu mbwtmu tdk tenang, berarti ad yg perlu dbenahi.it sj..km yg lbh tw, kgelisahan ap yg kw rskn skrg.

Sy tdk gelisah. Sy cm bingung. Ap menurutmu diriku trlalu rumit?

Bingung knp?

Yah bingung. Kdg kurasa susah u prcaya sm org. sklipun sy dekat sm it org.hal wajar sbnrx, tp begitulah. Susah. Sy rasa pbicaraanku jg mulai tak tentu arah. Hmm.. maap kl sy smkn mbingungkn akhir2 in.

Sm sy tmasuk?

U’re still my best

Wajar mmg kl mikir seperti it.manusia kn tdk slamax bsikap n bpikir spti yg qt inginkn..kl qt sgt sgt percaya sm org, bs jd suatu saat kecewa berat. Tp slama hal it positif, slg ditularkn sj. Sm spun, kpnpun n dmnpun..qt jg hrs pux ruang u menampung khilaf org lain.

Hmm..iy y,bnr jg. Hati in msh krg lapang rupanya.

Krn tdk ad jaminan qt lbh baik dr org lain. Apapun yg sdg menari dpikiranmu, it cm tanda kedewasaan yg smkin matang, mulai memilah yg tbaik dr sekian yang baik. Jd gunakn hati yg jernih sj u memilahx dgn bijak yg mn yg layak.
Sbnrx mnta dimarahi it slh satu wujud kegelisahan. Cm mgkn krn ad ktdkpercayaan, jdx yg keluar hanya bingung. Slmt bkontemplasi sj. Pikirkn yg penting & segera tindak lanjuti, lupakn yg tdk psti (tdk psti dlm hal manfaat & bsifat khayalan yg justru bs mbingungkn).

***

hey soul sister, with friend like you, i dont need others :)