20 Juli 2011

Lantern Festival

kalian pernah nonton film 'Tangled'? pasti tahu kan adegan pas Rapunzel sama Flynn lagi diatas perahu di tengah danau, sementara orang-orang di istana lagi melepaskan ribuan lentera cantik ke atas langit dengan harapan si Putri Rapunzel kembali ke istana. hwaa, sumpah...that's the best scene EVER!! kereen banget >.<



pertamanya, gw kira acara 'lepas lentera' kayak gitu cuma ada di kartun doang. ternyata eh ternyata, di dunia nyata ini emang beneran ada lho. bahkan dijadiin festival! *terpukau*

ya, namanya Lantern Festival atau yang biasa disebut Festival Lentera. festival ini merupakan acara menerbangkan lentera ke atas langit dengan tujuan mengharapkan hal-hal baik yang akan terjadi dalam hidup. festival kayak gini digelar di berbagai negara, seperti Cina, Taiwan, Inggris, Thailand, bahkan Indonesia. cuma bentuk kegiatannya aja yang agak beda.

kalau di Cina atau Taiwan, festival ini digelar pada hari ke-15 bulan pertama dalam kalender Tiongkok. Menurut tradisi Tiongkok, perayaan Tahun Baru Tiongkok akan terus berlanjut sampai diadakannya Festival Lentera ini. Untuk tahu sejarahnya, bisa dilihat disini. Lain lagi di Inggris, festival ini biasanya digelar menjelang Natal.

  

tapi menurut gw, yang paling mirip dengan adegan di film Tangled itu ya yang di Thailand ini. liat deh, cantik banget kan ya?!




kalo diliat dari jauh, mirip jutaan kunang-kunang yang lagi terbang. hmm..suatu saat pengen punya kesempatan liat festival ini langsung sekaligus ngelepas lentera-lentera itu terbang ke langit tinggi.

9 komentar:

  1. oh begitu ya.. wiiiiih jadi pengen masang lentera di sepanjang jalan dkt rumah, kyknya rame :)
    mungkin nanti klo pas Ramadhan pke obor kali ya. hehehe..

    BalasHapus
  2. Saya nonton rapunzel versi 3Dnya yun.. kereen... serasa lenteranya lewat2 didepan kita, pengen nangkep satu trus dibawa pulang.. hehe...

    BalasHapus
  3. irma: iy, dr dulu pengen banget punya lentera2 ky gitu

    k'andin: wuiih, seru tuh kak kl 3D! kereeen >_<

    BalasHapus
  4. iih..cantiknya..sy mau bkin lentera yg bentuk bintang.. >.<
    nanti klo ada festival kyak gini di indo spesial di mkasar, ajak2 nah yun..hehehe :))

    BalasHapus
  5. hueee belum liat Tangled :( tapi cantiik banget, bisa jadi momen terindah kali ya kalau saya berkesempatan lihat langsung yang di Thailand :O

    BalasHapus
  6. Aih-aih, baru aja kemarin saya simak film itu bareng Jude. Hmm, saya pernah pawai lampion. tapi ha di lepas, cuma di pegang dan di bawa jalan ajah, malamnya berdoa. Begitu ^_^

    Salam Hangat dari Bandung ^_^

    BalasHapus
  7. hahah...mengingatkan dulu pernah ngeliat satu lentera terbang waktu duduk di atas genteng kosan di malam hari.. tiba-tiba ada benda bercahaya terbang ke atas, pas ngeliat itu aku langsung panggil teman-teman bahwa ada UFO sedang melayang bergerak ke atas tapi perlahan.. dan nyatanya ada orang yang sedang bermain-main lentera seperti itu... hahahahha....

    BalasHapus
  8. k'pipi: hayuk bikin. dr dulu pengen bikin, tp gtw caranya. hehe :P
    eniwei, ntar kukabari kl ad festival ginian di makassar, tp gak tau kapan. mungkin kl cap go meh d chinatown ad kali ya kak :D

    tiara: iy, kynya lebih seru kl liat langsung ^^

    qefy: hmm gitu. salam hangat jg dr Makassar ^_^

    k'sam: muhaha...knp gak sekalian panggil orang sekampung kak, biar pd diculik UFO semua :D

    BalasHapus
  9. hwaaaa.. Tangled. sukak banget sama film itu. gak bisa bayangin kalo memang festival lentera semacam itu bener2 ada. pasti kerennnnn bangett :D

    BalasHapus