Langsung ke konten utama

Lantern Festival

kalian pernah nonton film 'Tangled'? pasti tahu kan adegan pas Rapunzel sama Flynn lagi diatas perahu di tengah danau, sementara orang-orang di istana lagi melepaskan ribuan lentera cantik ke atas langit dengan harapan si Putri Rapunzel kembali ke istana. hwaa, sumpah...that's the best scene EVER!! kereen banget >.<



pertamanya, gw kira acara 'lepas lentera' kayak gitu cuma ada di kartun doang. ternyata eh ternyata, di dunia nyata ini emang beneran ada lho. bahkan dijadiin festival! *terpukau*

ya, namanya Lantern Festival atau yang biasa disebut Festival Lentera. festival ini merupakan acara menerbangkan lentera ke atas langit dengan tujuan mengharapkan hal-hal baik yang akan terjadi dalam hidup. festival kayak gini digelar di berbagai negara, seperti Cina, Taiwan, Inggris, Thailand, bahkan Indonesia. cuma bentuk kegiatannya aja yang agak beda.

kalau di Cina atau Taiwan, festival ini digelar pada hari ke-15 bulan pertama dalam kalender Tiongkok. Menurut tradisi Tiongkok, perayaan Tahun Baru Tiongkok akan terus berlanjut sampai diadakannya Festival Lentera ini. Untuk tahu sejarahnya, bisa dilihat disini. Lain lagi di Inggris, festival ini biasanya digelar menjelang Natal.

  

tapi menurut gw, yang paling mirip dengan adegan di film Tangled itu ya yang di Thailand ini. liat deh, cantik banget kan ya?!




kalo diliat dari jauh, mirip jutaan kunang-kunang yang lagi terbang. hmm..suatu saat pengen punya kesempatan liat festival ini langsung sekaligus ngelepas lentera-lentera itu terbang ke langit tinggi.

Komentar

  1. oh begitu ya.. wiiiiih jadi pengen masang lentera di sepanjang jalan dkt rumah, kyknya rame :)
    mungkin nanti klo pas Ramadhan pke obor kali ya. hehehe..

    BalasHapus
  2. Saya nonton rapunzel versi 3Dnya yun.. kereen... serasa lenteranya lewat2 didepan kita, pengen nangkep satu trus dibawa pulang.. hehe...

    BalasHapus
  3. irma: iy, dr dulu pengen banget punya lentera2 ky gitu

    k'andin: wuiih, seru tuh kak kl 3D! kereeen >_<

    BalasHapus
  4. iih..cantiknya..sy mau bkin lentera yg bentuk bintang.. >.<
    nanti klo ada festival kyak gini di indo spesial di mkasar, ajak2 nah yun..hehehe :))

    BalasHapus
  5. hueee belum liat Tangled :( tapi cantiik banget, bisa jadi momen terindah kali ya kalau saya berkesempatan lihat langsung yang di Thailand :O

    BalasHapus
  6. Aih-aih, baru aja kemarin saya simak film itu bareng Jude. Hmm, saya pernah pawai lampion. tapi ha di lepas, cuma di pegang dan di bawa jalan ajah, malamnya berdoa. Begitu ^_^

    Salam Hangat dari Bandung ^_^

    BalasHapus
  7. hahah...mengingatkan dulu pernah ngeliat satu lentera terbang waktu duduk di atas genteng kosan di malam hari.. tiba-tiba ada benda bercahaya terbang ke atas, pas ngeliat itu aku langsung panggil teman-teman bahwa ada UFO sedang melayang bergerak ke atas tapi perlahan.. dan nyatanya ada orang yang sedang bermain-main lentera seperti itu... hahahahha....

    BalasHapus
  8. k'pipi: hayuk bikin. dr dulu pengen bikin, tp gtw caranya. hehe :P
    eniwei, ntar kukabari kl ad festival ginian di makassar, tp gak tau kapan. mungkin kl cap go meh d chinatown ad kali ya kak :D

    tiara: iy, kynya lebih seru kl liat langsung ^^

    qefy: hmm gitu. salam hangat jg dr Makassar ^_^

    k'sam: muhaha...knp gak sekalian panggil orang sekampung kak, biar pd diculik UFO semua :D

    BalasHapus
  9. hwaaaa.. Tangled. sukak banget sama film itu. gak bisa bayangin kalo memang festival lentera semacam itu bener2 ada. pasti kerennnnn bangett :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ornamen Matahari

Bagi yang pernah berkunjung atau tinggal di Maluku, pasti akrab dengan gambar dan corak seperti gambar di atas. Ya, ornamen tersebut mulai banyak digunakan pada beberapa bangunan maupun produk lokal Maluku, dengan beragam corak dan bentuk. Namun masih banyak orang, bahkan orang Maluku sendiri, yang belum mengetahui makna dan nilai filosofis yang terkandung di balik ornamen tersebut.Ornamen Matahari, dilambangkan sebagai simbol matahari yang di dalamnya memiliki makna simbolis keyakinan, pola pikir, norma, adat istiadat, dan tata nilai masyarakat Maluku, khususnya suku Alifuru di Pulau Seram. Di masa lalu, ornamen matahari digunakan untuk tanda dekorasi pada tubuh pada saat upacara kakehan (ritual pemanggilan arwah), sesuai dengan latar belakang, kebudayaan, adat-istiadat dan tata kehidupan alam lingkungan, masyarakat Patasiwa Alifuru.Salah satu bukti bahwa ornamen ini sudah dikenal cukup lama, dapat dilihat pada senjata tradisional Maluku yaitu parang dan salawaku. Salawaku merupakan …

Galaksi Kinanthi : Sekali Mencintai Sudah Itu Mati ?

Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta : Engkau bertemu seseorang lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa ia memerhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigilkan akalmu. Engkau mulai tersenyum dan menangis tanpa mau disebut gila. Berhati-hatilah .. Kelak, hidup adalah ketika engkau menjalani hari-hari dengan optimisme. Melakukan hal-hal hebat. Menikmati kebersamaan dengan orang-orang baru. Tergelak dan gembira, membuat semua orang berpikir hidupmu telah sempurna. Sementara, pada jeda yang engkau buat bisu, sewaktu langit meriah oleh benda-benda yang berpijar, ketika sebuah lagu menyeretmu ke masa lalu, wajahnya memenuhi setiap sudutmu. Bahkan, langit membentuk auranya. Udara bergerak mendesaukan suaranya. Bulan melengkungkan senyumnya. Bersiaplah .. Engkau akan mulai merengek kepada Tuha…

Teman Seperjalanan

"Jika kusebut tentang 'teman seperjalanan' apa yang ada dalam benakmu?" 
Kubaca ulang chat darimu. Ah, seperti apa harus kujawab pertanyaan ini. Kuketik beberapa kalimat, kemudian kuhapus lagi. Walaupun jarakmu beratus kilometer dari kota ini, tapi rasanya  terlalu memalukan jika harus jujur. Kususun lagi kalimat yang cukup aman bagiku. 
"Ngg..tentang orang-orang yang berada dalam perjalanan yang sama...." 
Aku berhenti mengetik. Kutatap benang hujan yang perlahan merintik di luar jendela. 
---
Kamu mungkin tak tahu, betapa inginnya diriku seperjalanan denganmu, selalu. Namun aku tetaplah ganjil, hingga kamu genapkan. Dan kamu, masihlah teka-teki yang belum bisa aku pecahkan.
Mereka bilang, tujuan yang sama akan mempertemukan orang-orang dalam perjalanan. Tapi kemudian aku bertanya: apa tujuan kita sama? Aku, kamu, mulai berangkat dari titik masing-masing dan di persimpangan jalan yang mana akan bertemu, kita tak pernah tahu. Yang kita tahu, kita hanya perl…