25 Januari 2012

Almanya : Welcome to Germany


postingan kali ini saya akan membahas salah satu film yang saya tonton pas Festival Film Jerman bareng Atun dan Emi kemarin malam. judul aslinya 'Almanya: Willkommen in Deutschland' yang berarti 'Almanya: Selamat Datang di Jerman'. dalam bahasa Turki, Almanya berarti Jerman. 



cerita bermula ketika Cenk, seorang anak berusia 6 tahun mendapati kampung halaman orang tuanya (Anatolia) bukan bagian dari Eropa pada peta sekolah. sepulangnya dari sekolah, dia bertanya pada sang kakek, "Dede (sebutan untuk kakek), apakah kita orang Jerman atau orang Turki?"

kemudian cerita berlanjut pada komedi petualangan keluarga mereka di masa lalu yang diceritakan Canan, sepupu Cenk. alur cerita yang maju-mundur menjelaskan tentang kehidupan sang kakek (Huseyin) yang merupakan seorang imigran asal Turki yang harus meninggalkan tanah kelahirannya untuk kemudian bekerja di Jerman, sampai pada usaha mereka untuk menjadi warga negara Jerman. setelah 45 tahun menetap di Jerman, kemudian mereka merencanakan untuk berlibur ke Anatolia sebagai keluarga besar Jerman, agar keturunannya dapat mengenal tanah leluhur dan menjaga tradisi budaya.



secara keseluruhan, film ini berkisah tentang bagaimana satu keluarga belajar untuk hidup dan diterima di Jerman. mulai awal pertemuan Huseyin dan Fatma, kehidupan awal keluarga mereka di Jerman yang menarik dan menggelitik, sampai pada akhir cerita yang mengharukan. 

dalam film ini, ada salah satu tradisi orang Turki yang menarik yaitu ketika salah seorang anggota keluarga atau kerabat hendak meninggalkan kampung halaman, maka keluarga yang ditinggal akan menyiramkan air ke jalanan selepas kepergiannya. hal ini dimaksudkan agar mereka yang pergi cepat kembali, secepat air yang disiram tersebut meresap ke tanah.

9 komentar:

  1. wah..wah..wah...seruuuu niih nonton bareng:D

    BalasHapus
  2. saya selalu suka film dengan pemain orang Turki. jadi keinget yang kisah tentang sepatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh..yg tentang kakak beradik yg tukeran sepatu itu??
      kalo gak salah, judulnya 'children of heaven' :D

      Hapus
  3. Yah.. gak ada lik downloadnya? #pingingratisan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sayang sekali..sy nonton film ini di acara festival, jd krg tau jg kl ad link gratisannya.hehe ^^

      Hapus
  4. jadi penasaran pengen nonton film ini deh..
    kayaknya penuh makna ya :)

    BalasHapus
  5. wahh..kak yunii nonton yang ini tooh? eh kaakak. maaf yah gag sempet ikut nonton bareng. lagi diluar makassar soalnya kemaren2. hhe. walopun hari ini dah di makassr. smsnya gak sempat dibalas karena kehabisan pulsa beberpa hari. heheh :D

    BalasHapus
  6. Gak ngajak!!!! Yuniiiiiii....bombe' :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ups, sori gha..sy qr dirimu sibuk.
      lain kali kl ad info, sy kasi tw deh ;)

      Hapus